Skip to main content

Apa itu Dry Dock buat Kapal pesiar?

Pernah denger tentang istilah "Dry Dock" di kapal pesiar ? Nah, kita bakal bahas disini tentang apa itu Dry Dock yang ada di kapal pesiar ini. Sebulan setelah qta berdua join, ternyata Kapal dimana qta kerja "Dry dock".

Bagaimana Sih Cara Bisa Kerja di Kapal Pesiar?

Sebetulnya aq termasuk orang yang bekerja tidak sesuai dengan latar pendidikan untuk bekerja di Kapal pesiar. Pendidikanku sarjana Sastra Jepang dan D1-lnterior Design di Nagoya-Japan. Tetapi di sela-sela kesibukan belajarku di Jepang aq pernah bekerja Part-time di Sashimi Restaurant di kota Shizuoka sebagai assisten chef. Aq juga pernah part-time di semacam Hotel Tradisional Jepang sebagai housekeeper. Dari situ lah aq mendapat surat pengalaman kerja, dan tentu saja aq lampirkan sebagai salah satu persyaratan untuk melamar kerja di Kapal pesiar.
Bagaimana dengan Bahasa Inggrisku??

Hahaha...
Karena basic pendidikan ku BahasaJepang, berarti pendidikan Bahasa Inggrisku cuma aq terima di SMP dan SMU saja, bisa berbicara Bahasa Inggris, cuma "yes" dan "no" saja.

English First~disanalah aq belajar Bahasa Inggris karena lokasi terdekat dari tempat tinggalku saat itu.

Karena kakak iparku ada yang sudah bekerja di Kapal Pesiar,  tentu saja aq sudah mendapat bocoran-bocoran tentang cara bekerja di kapal dari beliau termasuk adanya test dalam Bahasa inggris yg disebut Marlin test.
Marlin Test adalah test untuk Pelaut atau Crew Kapal Pesiar, sama seperti TOEFL test bagi para calon mahasiswa Indonesia yang ingin meneruskan kuliahnya di Luar Negeri.

Bahasa Asing Wajib Kerja di Kapal Pesiar


* INTINYA :

Bahasa Inggris sangatlah penting sebagai syarat utama bekerja di Kapal Pesiar,
Dari membuat CV, Wawancara dengan Agent, Marlin test dan terakhir wawancara dengan User, semua menggunakan Bahasa inggris.

Yang lebih-lebih penting lagi, disaat kita diterima dan bekerja sebagai Crew selama 6 sampai dengan 8 bulan kontak kerja, bahasa sehari-hari yg kita pakai adalah Bahasa Inggris.
Trus Bagaimana Kalo Ternyata Kita Bisa Berbicara Bahasa Asing Lain selain Bahasa Inggris?

Sama seperti aq misalnya, aq bisa berbicara Bahasa Jepang, itu sangat bagus
Karena tamu yang datang berlibur ke Kapal Pesiar banyak juga selain tamu yg berbicara Bahasa Inggris misalnya Spanyol, China, Belanda, dan lainnya meskipun jarang.

Itu bs di jadikan aset tambahan untuk mendapatkan bonus dari tamu kita
Mereka akan senang ada crew yg bisa berbicara dalam Bahasa mereka.
Selain sebagai aset untuk mendapatkan uang Bonus, itu bisa menjadi Aset pelengkap untuk naik ke Jabatan yang   lebih tinggi. Atau pun kamu ingin pindah Departement ke departement yg lebih baik dengan gaji yang lebih baik juga misalnya.
Jadi teruslah belajar sesuatu.

Karena berapa banyak ilmu yang kamu dapat, tidak akan membebani Langkah kaki mu. Semangat!!!!!!!

Comments

  1. […] qta bilang, Kami ini Pasangan yangg Kompak. Kesana kemari selalu bersama. Dari mulai Join ke Kapal, kerja di Departement yang sama, saat meeting, Break’s time, nangkring di crew Bar, Smoking […]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Dry Dock buat Kapal pesiar?

Pernah denger tentang istilah "Dry Dock" di kapal pesiar ? Nah, kita bakal bahas disini tentang apa itu Dry Dock yang ada di kapal pesiar ini. Sebulan setelah qta berdua join, ternyata Kapal dimana qta kerja "Dry dock".

Agen-agen Kapal Pesiar

Ini ada beberapa nama agen yang jadi tempat untuk qmu daftar kerja di kapal pesiar lengkap dengan alamat, nomer telepon dan websitenya. Nama-nama Perusahaan yg ditunjuk sebagai Agen Kapal Pesiar di Indonesia : 1. PT. Sumber Bakat Insani/SBI Website  : sbimanning.co.id E-Mail :  recruitment@sbimanning.co.id Kompas Gramedia Lt.4 Jl. Panjang No. 8A Kebon Jeruk DKI Jakarta, Indonesia Tel . 021-53650000 Fax. 021-53655559 2. PT. Cemerlang Tunggal Intikarsa/CTI E-Mail : jakarta@cti-usa.com Grand Slipi Tower Lt.6 Jl. Letjen.S.Parman Kav. 22-24 Slipi Jakarta Barat 11480   Indonesia Tel . 021-29022015/16 Fax. 021-29022017 E-Mail : bali@cti-usa.com Jl. Tukad Jinah Renon Denpasar 80235 Bali, Indonesia Tel  : 0361-256346 Fax : 0361-256341 E-Mail : yogya@cti-usa.com Jl. Arimbi 11 RT.19 RW.17 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, 55198 Indonesia Tel  : 0274-517375 Fax : 0274-557658 3. Meranti Magsaysay Website : merantimagsaysay.co.id Ratu Plaza Office tower Lt.8 Jl. Jend.Sudirman Kav.9 Jakarta 10270 Ind

9 Great Cruise Lines : Perusahaan Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Ada 9 Cruise Lines Terbesar di dunia yang jadi inceran buat cari kerja di kapal. Perusahaan kapal pesiar terbesar apa aja sih? Yuk simak disini yah! Olaaaaa, Apakabar kalian semua? Semoga Baik-baik saja yaaaaa Maaf Aq ga bisa sering kasih info karena qta berdua sudah join kerja lagi di Kapal, tapi insyaAllah disela-sela kesibukan akan berusaha menulis di blog ini. Ok, Sekarang aq mau ngebahas 9 Perusahaan Kapal Pesiar terbesar di Dunia, termasuk Agent yang di tunjuk apabila Kalian tertarik ingin bekerja disana. Maaf bukan berarti di luar ke 9 Kapal Pesiar yg ga aq sebut tidak besar ya, he he Ini hanya sebagai Contoh aza!!!! 9 Perusahaan Kapal Pesiar Terbesar di Dunia 1. Ms Allure of the seas Ms Allure of the seas adalah kapal pesiar terbesar di Dunia yg pernah dibuat yang dimiliki dan di operasikan oleh Royal Caribbean Cruise Line. Spesifikasi Kapal Pesiar Ms Allure of the seas : Berat : 225,282 gross tonnage Panjang : 1,187 ft/360 mtr Lebar : 208 ft/ 64 mtr